Perayaan Hari Pengucapan Syukur

(THANKSGIVING DAY - The real meaning of Thanksgiving)

Friendship to be Thankful For;

Oleh Lina Cantwell - Ohio, USA - Founder

Perayaan Hari THANKSGIVING, adalah salah satu hari raya yang sangat besar untuk masyarakat di Amerika Utara; merupakan Hari Pengucapan Syukur (Thanksgiving Day) bagi seluruh masyarakat di Belahan Amerika Utara (USA).

Makna terdalam dari THANKSGIVING sendiri, adalah PENYAMPAIAN RASA TERIMA KASIH kepada pencipta kita untuk semua berkat yang telah  diterima selama ini.  Juga berterima kasih untuk kehidupan, keluarga, pekerjaan, kebahagian, kesehatan, persahabatan dan apa saja yang telah dirasakan penting dalam kehidupan ini. Perayaan ini juga merupakan perayaan di akhir musim panen untuk mengucapkan terima kasih kepada Alam Semesta yang telah memberikan hasil panen selama ini.

Hari Thanksgiving di USA, selalu jatuh pada setiap hari Kamis minggu ke empat setiap tahun. Dan untuk tahun ini Thanksgiving di USA jatuh pada tanggal 27 November 2008. Sedangkan untuk sahabat-sahabat kita di Kanada hari Thanksgiving dirayakan pada minggu kedua di bulan Oktober yaitu tanggal 13 Oktober 2008.

Hari Thanksgiving ini merupakan hari yang istimewa untuk keluarga oleh karenanya disebut juga sebagai HARI KELUARGA; merupakan hari reuni tahunan keluarga. Anggota keluarga dari berbagi-bagai tempat berkumpul bersama-sama dengan orang tua, anak ataupun orang-orang yang mereka kasihi, juga mengundang sahabat-sahabat karib untuk merayakan hari istimewa ini dengan makan malam bersama makanan tradisional khas yang dibuat pada hari Thanksgiving, untuk bersyukur dan doa bersama.

 

Dalam perayaan makan malam di saat Thanksgiving, menu utama dihari istimewa ini adalah ayam kalkun (Turkey) sehingga hari Thanksgiving juga dikenal dengan "Turkey Day". Hidangan ayam kalkun ini biasanya dihidangkan dengan stuffing (roti hancur yang dicampur dengan seledri (celery), dimasak dengan bumbu yang biasanya dimasukan di dalam turkey tersebut), saus buah cranberry (kranberi), kentang puree, gravy, jagung rebus, juga sayuran dari hasil panen di musim gugur dan pai labu atau pai pecan sebagai dessert].

 Biasanya, sewaktu menikmati makanan Thanksgiving sanak keluarga dan sahabat-sahabat saling berbagi cerita pengalaman-pengalaman yang baik yang mereka alami.

*Sejarah hari Thanksgiving ini dimulai sejak abad ke tujuh-belas. Perayaan Thanksgiving pertama di New England diadakan di Plymouth, kurang lebih satu tahun setelah koloni Plymouth menetap di Amerika. Musim dingin  pertama yang mengerikan di Massachussetts telah membunuh hampir separuh dari anggota koloni tersebut. Tetapi harapan baru mulai muncul di musim semi tahun 1621 ketika para pendatang itu, dengan bantuan dan saran dari orang Indian Iroquious, menanam jagung (yang disebut juga maize) dan tanaman lainnya, tahun tersebut juga dimusim gugur, hasil panen luar biasa banyaknya. Setiap orang berterima kasih kepada Tuhan, untuk hasil panen tersebut. Orang-orang Pilgrim mengundang Massasoit dan warganya, untuk makan bersama sebagai ungkapan terima kasih

 

Pada tahun 1789 Presiden George Washington memproklamirkan tanggal 26 November sebagai hari syukuran nasional. Pada tahun yang sama, Gereja Episkopal Protestan mengumumkan bahwa kamis pertama bulan November setiap tahun adalah hari untuk mengucapkan syukur.

 

Pada tahun 1863 Presiden Abraham Lincoln memproklamirkan Kamis terakhir bulan November sebagai hari untuk mengucapkan syukur dan memuji Bapa yang maha pemurah, atas dorongan Mrs. Sarah J. Hale, editor majalah Godey's Lady's Book. Pada tahun 1939 Presiden Franklin D. Roosevelt menentukan satu minggu sebelumnya. Ia ingin membantu pihak bisnis dengan cara memperpanjang waktu belanja sebelum hari Natal. Tetapi Kongres kemudian memutuskan bahwa setelah tahun 1941 hari minggu keempat bulan November dirayakan sebagai hari Thanksgiving dan dijadikan hari libur umum nasional, yang akan diproklamirkan oleh Presiden setiap tahunnya.*

 

Menjelang hari pengucapan syukur ini, seperti halnya kata Maaf, ucapan ~TERIMA KASIH~ yang diberikan dengan senyum tulus tentu akan memberi efek psikologis yang luar biasa.

 Sejak dulu, kalimat berupa ungkapan tulus selalu memberi makna terdalam dan kekuatan tersendiri. Dan ucapan Terima kasih yang dijadikan momen pada perayaan THANKSGIVING, meskipun hanya dirayakan di beberapa negara tertentu, namun WanitaOnline Society merasakan bahwa pada hari Thanksgiving ini merupakan saat yang tepat bagi kami untuk mengucapkan rasa terima kasih yang tulus kepada seluruh SAHABAT WOL atas partisipasi dan tebaran kasih sayang dan persahabatan yang diberikan di sepanjang tahun berjalan.  Harapan kami semoga persahabatan yang telah terjalin akan semakin semarak dan erat di tahun-tahun mendatang.  

 HAPPY THANKSGIVING!!

  

 

*Reference:

Artikel Thanksgiving day USA Embassy Jakarta

Hari Pengucapan Syukur oleh Wikipedia

Photos courtesy: http://givetogift.wordpress.com