Runi Mengikuti Lomba Kaligrafi

Di Bale Pare Kota Baru Parahyangan

Oleh Bunda Listia Juliani - Bandung, Indonesia
Anggota WOL di Millis & Multiply

 

Pada tanggal 17 September 2008 bertepatan dengan jatuhnya bulan suci Ramadhan 1429 H, AL-IRSYAD ISLAMIC SCHOOL  tempat Runi bersekolah diundang oleh BALE PARE KOTA BARU PARAHYANGAN untuk turut serta mengikuti kegiatan lomba untuk MEMPERINGATI NUZURUL QUR’AN yang meliputi:

 

1.     Lomba Mewarnai  Nurse – Kindergarten

2.      Lomba Mewarnai Elementary

3.      Lomba Kaligrafi Elementary – Secondary Class

4.      Lomba Da’i Cilik

5.      Lomba Dai Remaja

6.      Fashion Show Kindergarten

7.      Fashion Show Elementary

8.      Story Telling

 

Jumlah peserta dari Al-Irsyad Satya berjumlah 115 orang dari kelas Nurse  sampai dengan primary school.  Disamping AL-IRSYAD ISLAMIC SCHOOL, lomba ini juga diikuti oleh berbagai sekolah di sekitar Bale Pare Kotabaru Parahyangan. Meskipun dalam suasana berpuasa, tapi anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti pelbagai kategori lomba. Mereka dengan sangat bersemangat membawa peralatan melukis  bagi yang ikut lomba melukis dan mewarnai, serta berdandan dan mengenakan baju muslim bagi peserta yang mengikuti [i]Fashion Show[/i]. Sedangkan yang mengikuti lomba  Da’i cilik terlihat sibuk menghafal teks ceramah lewat mulut mungil mereka.

 

Tentang Runi

Seruni M Chairunnisa usia 8 tahun, yang memiliki panggilan sayang Runi lahir di Bandung, 23 April 2000 merupakan putri pertama dari Bunda Icha, seorang pengusaha dan Ayahanda Joko, seorang Arsitek.  Saat ini bersekolah di Al-Irsyad Satya kelas Primary 3.

Lewat kemahiran Runi menggores warna-warna di tulisan Kaligrapi, akhirnya Runi pun terpilih sebagai salah satu juaranya. Momen ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bunda Icha yang memberikan ucapan tulus bagi buah hati tercinta “Selamat ya Runi sayang… bunda loves you so much… Keep Fight to do something good ya dear.. Terimakasih ya Allah… amien”.

 

Runi yang sedang berbahagia dengan senyum memeluk piala

Zaq juara Dai Cilik, Kayla Juara Story Telling dan Runi Juara Mewarnai Kaligrafi.

Runi yang sedang berbahagia dengan senyum memeluk piala….. dan ini runi bersama ayah bundanya.

Lomba yang dimulai pukul 14.00 WIB dan selesai pukul 16.30 WIB, akhirnya menghasilkan satu keputusan yang memberi kebanggan tersendiri bagi Runi dan Bunda Icha khususnya. 

Juara Story Telling : Kayla dari Primary 3

Juara Da’i Cilik : Zaq dari Primary 4

Juara Fashion Show : Selsa dari Primary 3

Juara Mewarnai : Alya, Runi Primary 3

Sekilas tentang bakat Runi, tertuang lewat penuturan Bunda Icha sebagai berikut :

Runi yang memiliki banyak aktifitas dan selalu menjadi juara dalam lomba science sejak kelas 1 hingga kelas 3, memang sudah senang menggambar mewarnai dan melukis (mungkin faktor gen ya; Ayahnya Arsitek, Eyang Kakungnya juga suka melukis).  Sejak usia 1 tahun Runi mulai mengenal melukis atau menggambar di atas tegel atau keramik di Sanggar Ibu Tetet Cahyati (Putri dr maestro Popo Iskandar) di Tirtasari Setrasari Bandung dengan pengajarnya bernama :  Kak Eppy.

Kemudian sejak pada usia 2 tahun Runi mulai diikutertakan dalam lomba-lomba yang tujuannya untuk menambah rasa percaya diri dan keberanian Runi.

Dimulai dari keikutsertannya dalam lomba menyanyi dalam bahasa Inggris di Pembukaan Gyant di Margorejo tahun 2003,  lomba Fashion Show[ di Summer Hotel di Surabaya dimana Runi berdandan ala Tentara, dan kemudian mengikuti lomba Fashion Show Ibu Kartini “Little Kartini’s  Generation Show”  yang  meraih Juara 3. (Sayang fotonya tidak ketemu, karena ini saat (2002-2003) kami tinggal di Surabaya).

Saat kami sekeluarga pindah ke Bandung, Runi bersekolah di TK  Al-Azhar Syfa Budi Parahyangan Kota Baru Parahyangan. Di TK Al-Azhar Syfa ini, Runi mengikuti kelas melukis atau menggambar sebagai kegiatan ekstra kurikuler.  Ternyata gurunya adalah Kak Eppy, yang merupakan guru  Runi pada usia 1 tahun saat mengikuti kursus melukis di Sanggar Ibu Tetet.  Wah, senang sekali bertemu kembali dengan kak Eppy karena Kak Eppy sudah mengenal karakter dan imaginasi Runi.

Runi melukis atau menggambar itu sudah pakai “perspektif’ dan melukisnya sudah main dimensi Ruang..” kata Kak Eppy waktu itu.  Karena saya tidak mengerti tentang melukis… jadi saya bertanya pada yang mengerti apa ya yang sedang digambar Runi yang pada saat itu berusia 5 tahun.

Sejak itu, Runi mulai rutin dan rajin ikut kelas melukis atau menggambar dengan Kak Eppy baik di sekolah maupun di Sanggar Seni Barli di Kota Baru Parahyangan.  Bp. Alm Barli waktu itu masih sempat memberikan pengarahan pada runi.  Saat itu Pak Barli menjenguk anak-anak sedang Les di hari Sabtu dari jam 10 – 12 di Sanggar Anak Bale Seni Barli Kota Baru Parahyangan.

Seperti Pada waktu Miss Universe Miss. Riyo Mori datang ke Bandung International Club Resort Kota Baru Parahyangan ke Bandung pada tahun 2007. Runi Satu-satunya peserta yang mendapatkan Tanda Tangan Miss. Riyo Mori di Hasil Karyanya.. (ada di www.ichaseruni.multiply.com)

Dan pada saat pelukis idola Runi yaitu Mr. Einstein Asli Jerman yang tinggal di Singapur datang Ke Bandung yang disponsori oleh Faber Castle Indonesia, Runi mendapat kesempatan diLukis oleh Mr. Einstein di Gramedia Merdeka Bandung.. Wah Runi Senang sekali waktu itu (foto-fotonya bisa diakses di www.ichaseruni.multiply.com)

Sejak mengikuti kelas melukis di  Bale Seni Barli, Runi semakin bersemangat untuk menekuni hobinya dalam melukis dan menggambar apalagi sejak Runi punya kesempatan untuk ikut dalam event-event yang diadakan oleh Bale Seni Barli.  

Di Bale Seni Barli lah Runi mulai mengikuti pameran-pameran lukisan yang diadakan oleh Bale Seni Barli antara lain Pameran yang diadakan di Kota Baru Parahyangan tahun 2006, Melukis di All About Strawberry,  Pameran Lukisan di Hotel Aston di Braga 2007 dan Pameran Lukisan dalam rangka Olimpiade Beijing di Hong Kong 2008, dimana  artikel lengkapnya dapat dibaca di WOL e-Newsletter edisi Agustus 2008.

Runi menunjuk lukisannya yang dipamerkan di Central Park  Hong kong juni 2008

 Tante-tante di Wanitaonline Society mengucapkan “Selamat” kepada Runi dan Bunda Icha dan turut bangga atas hasil karya ananda, semoga dimasa datang Runi akan semakin sukses dan bisa menularkan semangatnya kepada Little WOLers lainnya.

Dan satu kebanggaan lagi bagi Bunda Icha dan Ayah Joko, adalah ketika Runi berhasil mempersembahkan 1 bulan puasa penuh tanpa ada batal satu hari pun.

Sekali lagi selamat untuk Ananda Runi, kami di Wanitaonline Society tentu sangat mendukung segala langkah sukses Ananda.