Baby Shower Ala Indonesia: acara untuk Cindy
Oleh Nia Norman - Ohio, USA
Pengurus WOL

Sebagaimana layaknya di Indonesia yang memiliki tradisi “Nujuh Bulanan”, Amerika pun memiliki tradisi serupa yang disebut sebagai Baby Shower. Baby Shower pun merupakan upacara untuk mengekspresikan kebahagiaan dalam menyambut kedatangan putra dan putri kita dan juga untuk mendoakan keselamatan ibu dan bayi sampai pada saat kelahiran. Upacara Baby Shower ini biasanya dilaksanakan hanya untuk menyambut kelahiran anak pertama.

Seperti halnya di Indonesia, dalam acara Baby Shower ini kita juga mengundang keluarga maupun teman-teman dekat, perbedaannya, dalam upacara Baby Shower ini biasanya hanya wanita-wanita saja yang datang, tanpa suami atau pun anak. Namun sebagai pendatang, tradisi itu tidak berlaku buat kami. Sebagai orang Indonesia, kami menggunakan kesempatan ini juga untuk bersilahturami. Jadi biasanya kami memperbolehkan teman-teman yang diundang untuk membawa keluarganya. Bisa dibayangkan betapa ramainya acara Baby Shower ini. Hal yang cukup menarik sebetulnya bagi teman-teman yang menikah campuran, jika para istri bersukacita dan ingin menikmati suasana “Baby Shower Ala Indonesia” untuk bercengkrama dengan teman-teman Indonesia lainnya, namun karena suasana ini berbeda dengan acara Baby Shower pada umumnya, maka tidaklah heran jika para suami masih sungkan untuk datang ke acara Baby Shower tersebut.


Beberapa waktu lalu, saya dan teman-teman di Ohio, USA, memberikan acara Baby Shower untuk teman kami, Cindy. Berhubung keahlian memasak saya sangat yang minim, maka saya meminta bantuan teman, Herlina, untuk mengatur makanannya, dan saya juga meminta Cindy untuk menentukan menu nya. Tentunya, menu pun disesuaikan dengan tamu yang diundang, jadi tersusunlah dua menu yang berbeda -menu tradisi ibu pertiwi, yaitu, masakan Indonesia dan menu non-Indonesia agar tamu-tamu lainnya dapat turut menikmati masakan yang dihidangkan.

Untuk mengobati rasa kangen teman-teman dengan makanan Indonesia, maka acara makan pun dilakukan sebelum acara permainan dimulai. Bisa dibayangkan nikmatnya makanan hari itu, Herlina memasak masakan istimewa: soto betawi, ayam goreng, rendang, gado-gado, perkedel kentang, nasi uduk, tempe dan sambel teri, mie goreng, sup ikan dan shabu-shabu, kerupuk, emping, puding, dan asinan buah.

Setelah acara makan selesai maka acara permainan pun dimulai. Awalnya sebenarnya ada lima macam permainan, namun karena keterbatasan waktu akhirnya hanya tiga permainan yang bisa dilaksanakan. Permainan pertama - mengisi tebakan beberapa bait dari sebuah lagu, permainan kedua - permainan kartu dimana peserta hanya menggores kartu untuk mencari tiga kesamaan gambar, dan yang ketiga - permainan sederhana, dimana pemain diminta untuk mencari peserta yang medapatkan warna coklat dari kain kecil yang dibentuk seperti diaper - tentu saja pemenang dari setiap permainan mendapatkan hadiah yang telah disediakan. Acara menarik lainnya yang cukup ditunggu-tunggu adalah pembukaan hadiah bagi anak-anak sementara para orang tua mereka bersantai -mengobrol sambil makan snacks dan minum teh maupun kopi.


Tentunya kegembiraan tersendiri, jika acara Baby Shower yang diadakan sukses, dan yang terutama adalah kegembiraan kami menyambut kelahiran bayi teman kami, Cindy. Doa pastinya turut menyertai untuk kelancaran dan keselamatan bayi dan sang Ibu. Dan tentunya, kalaupun kami berpisah, kami telah membawa pulang rasa bahagia karena telah turut memberikan kebahagiaan pada teman kami, Cindy, dan juga bertemu dengan teman-teman Indonesia lainnya untuk memperpanjang tali silaturahmi yang telah ada.