Step By Step Membuat "Wayang Rumput" (Kepalanya)
Oleh Theresa Jackson; Sydney, New South Wales , Australia
Anggota WOL di MP

Kali ini sahabat kita Theresa mengajak kita untuk bersama sama membuat kerajinan tangan dalam bentuk wayang dengan mengunakan "Tangkai Bunga Rumput".

Menurut Therese dalam MPnya, "Tidak terlalu mudah mempelajari hal ini secara on line, akan terasa lebih mudah bila langsung dipraktekkan."

Rekan-rekan WOL, inilah langkah-langkah pembuatan nya:

Bahan yang dibutuhkan adalah bunga rumput bertangkai panjang (pada foto kupakai tangkai bunga Dandelion supaya terlihat jelas di gambar).

Ambil sehelai tangkai bunga dan tekuklah seperti gambar dua dan "dibundeli" (dibikin simpul / diikat) seperti gambar 3. Ambil lagi sehelai tangkai bunga rumput, bagian berbulu sejajar dengan bagian berbulu lainnya dan tekuk hingga akhirnya bila dikerjakan sehelai demi sehelai akan membentuk anyaman seperti pada gambar 6.

Detail 1 dan 2 memperlihatkan detail anyaman, terus menerus dikerjakan sambil tangan menggenggam genggaman helai rumput yang semakin menebal. 

Bila kepala wayang sudah terbentuk (tergantung imajinasi Anda, rambutnya bisa digulung tekuk keatas dan dibuat simpai) Cobalah langkah-langkah ini, bila berhasil silakan difoto dan tunjukkan pada teman-teman, silakan membuat KEPALA WAYANGnya terlebih dulu.

Catatan:
Bila KEPALA WAYANG sudah selesai, ikat bagian badannya dengan karet untuk menunggu langkah berikutnya. Kalau sudah berhasil membuat KEPALA WAYANG baru dilanjutkan ke tahapan berikutnya. Silakan dicoba!

Pergilah ke kebun atau taman berumput, cari tangkai bunganya dan kerjakanlah anyamannya di sana, itu cara terbaik. Sambil menghirup oksigen, menyanyi dalam hati dan menganyam....Semakin sering membuat akan menjadi terbiasa!

Ayo, semangat! Tangkai bunga rumputnya biasanya juga menyembul dari gerombolan tanaman bunga lain. Baunya harum seperti pandan....Hmmmm!

 

   

   

 

 

Ucapan terima kasih

Tentu saja WOL mengucapkan terima kasih atas kesediaan Theresa untuk berbagi informasi dan ilmu dengan rekan-rekan WOL. Semoga sumbangan ini merupakan awal dari upaya berbagi ilmu yang lebih banyak lagi dimasa datang.

 

Sumber informasi
http://theresajackson.multiply.com/photos/album/338/

Step_By_Step_Membuat_Wayang_Rumput_Kepalanya