Sebuah Renungan: Makna Kata Merdeka
Dalam Kemerdekaan Indonesia Ke-63

Oleh Ani J-S—Virginia, USA
Editor in Chief


Tanggal 17 Agustus 2008 ini, tepat 63 tahun sudah bangsa Indonesia diakui keberadaannya secara de facto maupun de jure oleh negara-negara lain di dunia internasional sebagai bangsa yang merdeka dan berhak menentukan nasibnya secara mandiri. Usia yang muda jika dibandingkan dengan sejarah bangsa-bangsa lainnya di dunia yang telah merayakan kemerdekaan mereka ratusan tahun. Namun, tentunya argumentasi ini diserahkan kepada bangsa Indonesia khususnya generasi mudanya untuk meyakinkan dunia dan Warga Negaranya bahwa Negara Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan bahasa dan kekuatan berbahasa satu Bahasa Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika sebagai perekat ini patut diperhitungkan dimata dunia.

Oleh karena itu, disaat bangsa Indonesia mengekspresikan kebahagiaannya dalam merayakan kemerdekaan dengan gegap gempita, bangsa Indonesia juga juga perlu untuk merenung dan mengevaluasi perjalanan bangsa selama 63 tahun ini. Apakah arti Merdeka bagi bangsa dalam konteks globalisasi, keadilan, hak asasi manusia, ekonomi, berbangsa dan bernegara?

Setiap orang tentunya mendefinisikan kata Merdeka dengan sangat pribadi. Apakah definisi merdeka bagi anda? Apa yang anda lakukan untuk memperoleh kemerdekaan yang anda definisikan tersebut? Sebagai pribadi dan Warga Negara Indonesia, kontribusi apa yang telah anda berikan dalam lingkungan kecil hidup anda? Apa yang telah dan akan anda lakukan untuk memperbaiki situasi dan keadaan yang membuat bangsa Indonesia kehilangan esensi kemerdekaan?

Memaknai kemerdekaan berarti juga memberi kuasa kepada diri anda untuk membangun diri menjadi manusia yang berfikiran mandiri dan mempunyai kekuatan berfikir yang mampu melihat kebenaran secara hakiki tanpa dipengaruhi oleh orang lain. Menjadi manusia mandiri juga berarti bahwa anda sadar akan kekuatan dan kelemahan anda dan berani membuat keputusan yang tepat walaupun melawan arus populer yang anda anggap tidak sesuai dengan prinsip dasar sebagai manusia dan bangsa.

Sebagai bangsa Indonesia anda punya kekuatan untuk merubah nasib bangsa ini dengan kekuatan luar biasa yang Tuhan berikan melalui keyakinan yang kuat, kemandirian berfikir, rasa keadilan yang dalam dan cinta pada sesama. Karena bangsa Indonesia telah membuktikan, walaupun menghadapi kesulitan yang banyak, rakyat Indonesia terutama kalangan generasi mudanya tetap melakukan perjuangan dengan berbagai cara, untuk meneruskan Indonesia. Dan kata Indonesia merdeka akan benar-benar nyata ketika negara menjamin dan melindungi hak warga negaranya baik dalam segi ekonomi, politik, hukum, pendidikan, dan sosial dan budaya.


Dirgahayu Republik Indonesia—Merdeka! Merdeka!