Ruang::Showcase Prakarya Dengan Kertas Koran
Gift Box Tema Kupu-kupu dan Nuansa Hijau
Oleh Lasmi Wahyuti —Purwokerto, Indonesia
Member WOL di Multiply

Sahabat kita yang satu ini rupanya tidak rela membiarkan waktu senggangnya berlalu begitu saja tanpa makna. Diantara kesibukannya dengan keluarga dan bekerja di perusahaan swasta, Amik dengan keterampilan jari-jari tangannya mencoba untuk memanfaatkan barang-barang bekas disekelilingnya untuk menjadi bahan kreasinya. Salah satu kreasi yang termasuk unik dan menarik adalah kreasi yang disebut Amik sebagai Prakarya dengan Kertas Koran dalam membuat Gifttbox.

WOL sangat berterima kasih pada Amik yang telah bersedia untuk berbagi dan dengan sabarnya membemberikan informasi pembuatan prakarya kertas ini secara rinci sehingga mempermudah rekan-rekan WOL mengikutinya. RekanRekan-rekan WOL, silakan menikmati dan belajar bersama dengan Amik melalui Prakarya Kertas Korannya ini.

 


Bahan-bahan

- koran bekas - kertas samson
- lem putih - karton tebal
- isolasi kertas (atau apalah ga tau - gunting
namanya,pokoknya isolasi dari kertas) - kuas dg beberapa ukuran
- pewarna makanan - dan glue gun

Pertama aku bikin kotaknya. Kotak aku buat dari karton tebal, sengaja aku bikin tinggi untuk menyesuaikan dengan hiasan yang akan aku buat. Bagian dalam kotak aku lapisi kertas samson agar kelihatan rajin, begitu juga bagian bawah kotak.

Tutup kotak aku bikin lebih besar dari kotaknya, bagian dalam tutup juga aku lapisi kertas samson.

Kemudian aku membuat biji/tali anyaman dari koran dengan berbagai ukuran dan anyaman.

Anyaman kepang aku buat dengan menyatukan 3 guntingan koran (ukuran lebar 0.5 cm untuk kepang kecil dan 5 cm untuk anyaman besar), dengan cara mengelem masing-masing ujungnya. Selanjutnya anyam selang-seling/kepang.

Anyaman/pilinan tunggal aku buat dengan memilin guntingan koran dengan ukuran lebar 5 cm.

Note: Agar guntingan koran tidak mudah putus, gunting dari arah bawah ke atas halaman koran.
 

Aku mulai nih membentuk pernik-pernik untuk hiasannya.
Karena temanya Kupu-kupu, jadi aku mulai coba bikin kupu (walau sebelumnya tidak pernah terpikirkan membuat kupu dari kertas). Badan kupu aku bikin dari remasan koran kemudian aku lilitkan pilinan tunggal. Sedangkan untuk membuat antenanya, aku gunting saja pilinan tunggal sepanjang 7 cm, diujung-ujungnya masing-masing aku gulung dan aku beri lem.

Sayap kupu yang aku bikin, terinspirasi quillingnya mba putika. Dengan menggulung anyaman/pilinan kepang yang kecil, sekitar 3 atau 4 kali putaran, beri lem, lanjutkan memutar kepangan tsb dengan melonggarkan bagian bawah sedikit. Lakukan langkah tersebut 3 kali. Sehingga membentuk oval, dan jadilah sayap sederhana.

Untuk sayap kupu yang besar, lem ujung 3 sayap kecil berjejer, kemudian satukan dengan pilinan kepang yang di lem dan direkatkan mengelilingi 3 sayap berjejer.

Untuk mempercantik gift box, dibuat beberapa ukuran kepingan koran, dengan cara menggulung pilinan kepang yang besar sesuai keinginan. Sedangkan untuk keping kecil, dibuat dari gulungan pilinan tunggal

Tadinya bingung juga mau buat mahkotanya, akhirnya aku jalin seperti membuat tikar. Potong pilinan kepang yg kecil sekitar 10 cm sebanyak 4 potongan. Letakan berjejer, kemudian mulai dari pilinan teratas, tekuk dan masukan ke pilinan di bawahnya, lakukan tumpang tindih seperti membuat tikar, lakukan hal yang sama pada potongan ke 2 s.d ke 4. Lakukan ulang langkah tersebut pada potongan yang tersisa, sehingga membentuk segitiga. Satukan bagian bawah anyaman dengan menggunakan lem putih.

Setelah semua hiasan selesai, sekarang tinggal menempel pilinan kepang yang besar memenuhi kotak. Tempel sesuai selera menggunakan lem putih boleh, glue gun juga boleh. Kucoba beri aksen bulatan besar pada badan kotak. Kepingan koran yang besar kutempel di masing-masing sisi kotak, kemudian baru kupenuhi badan dan tutup kotak dengan pilinan kepang besar.

Warnai kotak, tutup kotak dan hiasan-hiasannya (kupu, bunga, daun dan kepingan kecil). Tempelkan hiasan pada sisi kotak sesuai selera. Jika ingin menambah aksen lebih, sisakan pilinan tunggal untuk ranting yang seolah melilit kotaknya.

Note : Untuk membuat aksen gilap pada permukaan aku gunakan lem putih yang dicampur dengan pewarna makanan. (aku pernah coba ini untuk pigura dengan biji kacang hijau, hasilnya warna kacang hijau lebih awet daripada warna foto yang dipajang).



Sumber informasi:
Citamik; Retrieved August 26, 2006, from
http://critamick.multiply.com/journal/item/37/gift_box_tema_kupu2_nuansa_hijau