Menjaga Inner Health
Oleh: Atie Gauducheau—Clemont-Ferrand, France


Kecantikan alami, tak hanya didukung penampilan luar atau fisik saja. Kecantikan dari dalam, atau inner beauty, juga punya peran besar. Kesehatan tubuh, atau inner health pun turut mempengaruhi penampilan luar anda, lho!. Apalagi rentetan kesibukan di tempat kerja, merokok, makanan cepat saji dan berminyak, hang out dan clubbing sampai pagi, stres, dan sederet aktivitas gaya hidup yang menyita waktu anda, telah membuat tubuh tersiksa. Tahukah anda, semua aktivitas tadi membuat sebagian organ tubuh bekerja lebih keras, terutama hati.

Aktivitas berlebih tanpa diimbangi nutrisi yang cukup dan baik, akan menurunkan kualitas kulit, salah satunya terjadi proses penuaan dini. Jika tak segera diatasi, penyakit lebih serius akan lebih mudah menghampiri, bahkan kanker. Jadi, mulailah dari sekarang memperlakukan tubuh dengan baik, melalui cara yang sehat. Berikut kiat-kiatnya:

1. Cara paling efektif membersihkan tubuh dari dalam adalah mengkonsumsi banyak sayur dan buah segar yang banyak mengandung serat, yang terbukti dapat mendetoksifikasi dan membantu metabolisme tubuh. Selain itu, juga dapat mencegah proses penuaan dini dan datangnya penyakit degeneratif.
2. Ketika perasaan pusing, cepat letih, tak bergairah, emosi tinggi, dan kulit kusam kerap melanda, lakukan 1 hari detoksifikasi dengan hanya minum jus di setiap akhir minggu, saat semua aktivitas tak lagi menyiksa.
3. Agar tubuh tak terlalu mengalami perubahan drastis, jangan langsung mengosongkan perut dengan cuma mengonsumsi jus saja. Cobalah makan ½ menu makan utama dengan porsi jus buah atau sayur lebih sering (2-3 jam sekali minum jus tanpa gula), agar kadar gula dalam darah stabil. Namun, jika sedang hamil, diabetes, epilepsi, atau menderita penyakit tertentu, jangan ikuti cara ini.

TIPS SOLUSI SEHAT
1. Untuk memperlancar proses pencernaan, awali hari dengan secangkir air hangat dicampur beberapa tetes perasan jeruk limau.
2. Ketika sedang menjalani detoks jus, ahli naturopati biasanya menyarankan untuk menyelingi minum susu kambing, multivitamin, dan vitamin B kompleks.
3. Kulit akan terasa lebih kering saat sedang menjalani detoks. Jangan khawatir, itu tandanya tubuh sedang berproses membuang racun.
4. Buah atau sayur jangan diblender ketika akan membuat jus untuk detoks. Sebaiknya gunakan juicer. Minumlah jus secara perlahan, jangan terburu-buru.
5. Banyaklah minum air putih untuk membantu tubuh membuang racun. Sedikitnya, minumlah air putih 1 liter

 

 

  

 

** Kami pengurus WOL sangat berterima kasih pada Atie yang bersedia untuk berbagi artikel nya kepada sahabat sahabat di WOL ini.