Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia Warga Indo-Michigan - Organisasi Perkumpulan Masyarakat Indonesia Di Michigan
Oleh: Tri Heath—Michigan, USA
Member WOL

Nama saya Tri Heath, saya adalah warganegara Indonesia yang tinggal di Michigan, USA. Tepatnya di kota Detroit. Saya telah menjadi penduduk A.S selama kurang lebih 8 tahun.

Kegiatan sehari-hari saya, selain sibuk sebagai ibu rumah tangga mengurus suami, anak dan rumah, juga dalam 2 tahun belakangan ini, saya sedikitnya telah menyempatkan diri ikut serta dalam beberapa kegiatan sukarela. Diantara kegiatan saya itu adalah mengenalkan dan membawakan tarian Indonesia YAPONG kepada masyarakat Indonesia tercinta dan masyarakat luar di Michigan.



Sejak kecil saya suka sekali menari, mungkin bakat yang ada dalam diri saya ini mengalir dari keluarga saya yang juga mempunyai darah seni. Saya sudah mulai menari sejak duduk di Taman Kanak-kanak dan juga saya banyak belajar dari keluarga saya. Namun banyak tarian yang pernah saya pelajari dan tekuni akhirnya terlupakan karena banyak waktu tersita oleh sekolah, pekerjaan dan kemudian menikah dan menetap di A.S.

Setelah lama tinggal di A.S saya begitu rindu akan budaya Indonesia. Akhirnya, pada awal tahun 2007 dengan niat, tekad, kemauan dan keinginan yang kuat untuk memberikan sesuatu yang berarti untuk diri saya sendiri dan juga untuk orang lain, saya memutuskan untuk mempelajari tarian Indonesia kembali.

Atas dukungan keluarga, teman tercinta dan juga dengan jasa bantuan dari Rima McGraw yang telah memberikan saya panduan video latihan tari dan CD musiknya dan berbekal video tersebutlah, saya mempelajari kembali tarian yang pernah saya pelajari sedikit demi sedikit. Berkat jerih payah saya tersebut akhirnya terwujudlah keinginan saya untuk menari kembali.

Tak lama kemudian hadirlah teman saya yang juga berkeinginan untuk belajar menari . Nama teman saya adalah Ina. Dengan Inalah kemudian saya mulai menari bersama. Dimulai dengan mengisi kegiatan sukarela di beberapa acara di Michigan seperti Global Festival (Pertukaran kebudayaan seluruh dunia) yang diadakan di Michigan State University, Lansing pada tahun 2007, Michigan, dan saya turut pula mengisi acara International Night Out di Lansing, Michigan pada tahun 2008. Kami berdua juga untuk yang pertama kalinya membawakan tarian ini dalam acara perayaan kemerdekaan Republik Indonesia di Kesington Park, Detroit pada tahun 2007. Selain kegiatan menari, kami juga ikut berperan serta sebagai panitia Indo Michigan. Indo Michigan adalah badan organisasi perkumpulan masyarakat Indonesia di Michigan.

Dalam acara menyambut HUT RI tahun 2007 dan tahun 2008 ini. Sayapun turut serta berpartisipasi sebagai panitia acara 17 Agustusan. Tahun ini, panitia tetap Indo Michigan terdiri dari : Bapak Hengky, Gina, Ibu Daisy, Ibu Petty, Ibu Lani, Doug, Parlin, Dwipa, Ina & saya sendiri. Selain itu, ada pula beberapa anggota Indo Michigan lainnya yang juga mengulurkan bantuan dan tenaga mereka. Beberapa bulan sebelum acara HUT RI, kami mengadakan meeting untuk mendiskusikan segala persiapan acara 17 Agustusan nanti sehingga acara tersebut akan berjalan lancar dan sukses. Pertemuan tersebut dilakukan kurang lebih 2 atau 3 kali. Setiap panitia mempunyai tanggung jawab yang berbeda namun kami tetap bekerja sama sebagai team work. Beberapa panitia bertugas dalam pengaturan makanan, penerima tamu, acara lomba dan lain sebagainya. Dari pihak panitia kami menyediakan Rendang & Opor Ayam & Es Shanghai.

17 Agustusan tahun ini diadakan di Plymouth Park, Michigan pada tanggal 16 Agustus 2008. Cuaca pada saat itu sangat mendukung kira-kira 80 derajat F. Dalam rangka menyambut dan menghormati kemerdekaan Indonesia tercinta kita ini, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia yang datang ke acara tersebut untuk menggunakan pakaian berwarna merah dan putih. Kami juga mengenakan biaya kepada mereka yang datang ke acara ini, termasuk panitia. Untuk orang dewasa sebesar $5, untuk anak-anak (6 - 13 tahun ) sebesar $3 dan untuk anak-anak dibawah 5 tahun gratis. Biaya tersebut digunakan untuk membayar sewa tempat di park, dekorasi dan beberapa hal lainnya. Dikarenakan acara ini termasuk potluck gathering, kami menyarankan agar para warga yang datang untuk membawa makanan yang akan dihidangkan dan dapat dibagikan kepada kurang lebih 8 orang warga lainnya


Acara Agustusan ini dimulai pukul 11 pagi. Pembukaan yang dilakukan oleh panitia dilakukan pada jam 2 siang, kemudian disusul dengan mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya & 17 Agustus. Setelah itu acara yang ditunggu-tunggu pun tiba yaitu makan siang. kira-kira pukul 2 siang, dimana sejumlah panitia yang juga sibuk dengan urusannya masing-masing telah bersiap-siap untuk menghadirkan hiburan tarian untuk masyarakat kita yang hadir disana. Diawali oleh tarian " Yapong " yang dibawakan oleh saya sendiri kali ini, kemudian tarian kedua yaitu " Angin Mamiri " yang dibawakan oleh Ibu Petty, Ibu Lani & Dwipa. Kemudian untuk yang ketiga kalinya, saya kembali membawakan tarian, tetapi kali ini semua orang yang hadir bisa ikut menari bersama saya, dan tak kalah anak sayapun ikut menari untuk meramaikan suasana bersama dengan yang lainnya.

Setelah acara tari tarian, kami juga mengadakan lomba makan kerupuk. Acara lomba ini terbuka bagi siapa saja, dewasa dan anak-anak. Kami juga menyediakan fasilitas bola volley, bagi mereka yang tertarik bermain bola volley dengan warga lainnya.

Disela-sela acara, ada salah satu acara yang digemari oleh anak-anak yaitu melukis wajah. Kegiatan ini diadakan untuk menghibur anak-anak yang hadir dalam acara tersebut, acara ini setiap tiap tahunnya memang merupakan acara favorit. bagi semua anak yang hadir diacara tersebut. Tahun 2007 saya juga turut serta mencoba melukis wajah anak-anak bersama dengan beberapa panitia yang lain.

Dalam kesempatan kali ini juga, kami kedatangan tamu seorang photografer dari Canada. Mereka menyediakan foto gratis kepada semua orang yang ingin mengabadikan acara 17 Agustusan 2008 tersebut bersama keluarga ataupun teman tercinta.Tepatnya kira-kira pukul 5 sore akhirnya acara selesai. Acara diakhiri dengan senyuman kebahagiaan oleh seluruh warga Indonesia yang hadir pada saat itu. Acara Agustusan tahun ini memang lebih semarak dari tahun-tahun yang lalu dimana semuanya berjalan dengan lancar dan sukses tanpa satu kendala apapun. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang turut serta. Kira-kira lebih dari 150 warga Indonesia yang hadir. Saya sebagai panitia Indo Michigan, sebagai warga negara Indonesia yang jauh dari tanah air, saya turut bangga dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia di Michigan yang semarak ini. Dan atas segala jerih payah para anggota panitia lainnya yang telah meluangkan waktu dan tenaganya sehingga acara Agustusan tahun ini berjalan lancar dan sukses.

Harapan saya semoga kita sebagai warga negara Indonesia yang jauh dari tanah air akan tetap bersatu tanpa memandang ras dan perbedaan diantara kita. Dan Kepada seluruh masyarakan Indonesia dimana saja berada kita juga harus terus menjaga dan melestarikan kebudayaan kita yang beraneka ragam ini. Dengan cara ini berarti kita turut berjuang untuk negara kita Indonesia tercinta. Rayakan kemerdekaan kita dengan penuh semangat dan rasa persaudaraan yang tinggi, sehingga tradisi ini dapat terus berlanjut dimasa datang untuk anak cucu kita.

 

  

 

** Kami pengurus WOL sangat berterima kasih pada Tri yang bersedia untuk berbagi artikel nya kepada sahabat sahabat di WOL ini.