Artikel:: Kiat Bisnis
Pengalamanku Berbisnis di Internet
Christina’s Secret,
http://www.christinassecret.com/

Oleh: Christina P. Reidel - New Jersey, USA



Saat diminta untuk menyumbang tulisan artikel tentang pengalaman dan tips dalam menjalani bisnis online di internet saya merasa agak canggung dan bingung hendak memulai dari mana. Selain masih merasa belum sukses dan belum ada apa-apanya, selama lima tahun menjalani usaha ini, saya masih saja merasa menjadi seorang murid sekolah yang harus terus menerus belajar berbagai hal baru, seiring dengan pesatnya perkembangan dan perubahan-perubahan yang terjadi di dunia internet ini.



PENGALAMANKU

Awalnya kami (saya dan suamiku) berjualan perhiasan yang terbuat dari amber lewat berbagai pameran dan fleamarkets diberbagai kota di New Jersey dan Pennsylvania. Kami juga melakukan promosi dan menawarkan produk-produk kami dari pintu ke pintu seperti layaknya salesman (woman) untuk produk kami ini dengan mendatangi berbagai toko-toko perhiasan, suvenir, tempat wisata, salon kecantikan dan semua tempat yang kami anggap cocok untuk menjual perhiasan kami.

Setelah beberapa lama, kami merasa kegiatan ini sangat melelahkan, karena selain banyak makan waktu dan uang juga sangat menguras tenaga dan energi kami karena kami harus selalu keluar rumah setiap saat, disetiap keadaan cuaca dan musim.

Kami lalu mencoba menjual produk kami di eBay. Di bisnis eBay ini, banyak sekali suka dan duka yang kami alami. Sukanya tentu karena pemasukan yang lumayan didapat dari penjualan-penjualan kami terutama disaat-saat musim liburan (holiday Season) di Amerika Serikat ini yang dimulai dari bulan Oktober sampai akhir bulan Desember setiap tahunnya. Dengan mempunyai toko online di eBay kami memiliki pelanggan dari seluruh dunia, dan kami tidak perlu menunggui toko kami duapuluh empat jam untuk menunggui pembeli yang datang. Seperti misalnya jika kami sedang pergi berlibur akhir pekan keluar kota dan tidak menyalakan komputer selama tiga hari, saat kami kembali ke rumah di hari Senin dan menyalakan komputer, kami mencek rekening bank kami maka disitu sudah banyak uang yang masuk dari para pembeli yang melakukan transaksi di toko eBay kami di saat kami pergi berlibur.

Dukanya, kalau ada pembeli yang kasih negatif feedback tanpa alasan yang jelas. Walaupun negatif feedback ini tidak mempengaruhi penjualan kami, namun sangat mempengaruhi perasaan pribadi kami karena kami selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pelanggan kami. Jadi kalau ada yang memberi negatif feedback rasanya seperti ditusuk dari belakang. Tapi lama kelamaan kami mulai bisa memahami hal-hal seperti ini dan mulai bersikap profesional dan tidak terlalu menganggap hal itu sebagai hal pribadi lagi.

Saat ini kami tidak lagi menjual perhiasan dari Amber karena sudah banyak saingan dan popularitas amber sudah menurun. Kami sempat berganti produk dengan menjual perhiasan dari sterling silver dan batu-batuan yang sangat populer dari India. Namun saat harga silver menjulang tinggi, para pembeli perhiasan ini juga berkurang, membuat kami harus putar haluan dan berganti produk yang popular lainnya. Untuk saat ini, kami menjual perhiasan hip hop yang kebanyakan terbuat dari lapis emas dan perak (bukan emas murni atau perak murni) dan perhiasan-perhiasan untuk bridal (keperluan pengantin). Keinginan kami sih menjual perhiasan dari emas murini dan berlian, tapi itu masih jauh...tolong doakan saja ya teman-teman semoga cita-cita kami tercapai.

Selain di eBay kami juga pernah mencoba berbagai macam venue lainnya untuk menjual produk-produk kami. Kami pernah mencoba menjual di
http://www.ioffer.com, http://www.overstock.com, dan http://www.amazon.com/. Kesemua website yang saya sebutkan itu mensyaratkan berbagai fee sebelum bisa menjual produk kita di website mereka. Fee ini tidak seberapa jika penjualan kita besar, tapi disaat ekonomi seret, fee ini bisa jadi halangan besar dalam memperoleh keuntungan. Oleh karena itu saya juga sedang dalam proses membangun website saya sendiri lewat satu provider (yahoo merchant) yang hanya menuntut fee kecil bulanan. Saya berharap para pelanggan yang sudah mengenal produk-produk saya dari eBay, dan website-website diatas bisa beralih untuk membeli produk saya langsung di website saya sendiri, jadi saya tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar fee ini itu lagi.

Belakangan ini, saya mulai memperhatikan banyak orang yang berjualan lewat blog. Selain gratis, menjaring pembeli lewat blog juga tidak terlalu sulit. Saya sedang dalam proses mempelajari penjualan produk lewat blog ini, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat saya bisa memperluas sayap bisnis kami lewat blogging juga.

PENGAMATANKU

Hal-hal yang penting untuk diperhatikan kalau kita hendak berjualan lewat internet adalah : masalah promosi, metode pembayaran, metode pengiriman barang, asuransi dan pengembalian barang kalau barangnya rusak atau hilang. Untuk itu kita perlu selalu memiliki POLICY (atau peraturan) yang menjelaskan peraturan-peraturan atau ketentuan yang harus dipatuhi dan disetujui oleh pembeli sebelum mereka melakukan transaksi di toko online kita, untuk menghindari konflik dengan pelanggan yang tidak puas.

Kita harus pandai menciptakan promosi agar para calon pembeli tertarik untuk melihat-lihat toko kita dan akhirnya membeli produk kita. Banyak template layout gratis yang menarik di internet untuk menciptakan page yang menarik dan informatif. Gambar atau foto biasanya sangat penting bagi pembeli dalam mengenal produk kita, karena seperti kata pepatah sekeping gambar lebih baik dari seribu patah perkataan apalagi kalau kita pasang gambar lengkap dari berbagai sudut, sehingga pembeli tidak perlu bertanya-tanya lagi. Tapi penjelasan atau deskripsi tentang produk juga selalu penting dan tidak boleh ditinggalkan.

Selenggarakan diskon sesekali agar pembeli rajin dan betah mampir.
Metode Pembayarn bisa dilakukan melalui Paypal, Google Check Out” atau mengirim pos wesel (money order) atau “personal check”, atau di Indonesia banyak yang menerima pembayaran lewat transfer ATM. Sangat disarankan untuk tidak menerima pembayaran uang cash, karena besar sekali resikonya untuk hilang ditengah jalan.
Untuk pengiriman barang selalu disarankan untuk melakukan pengiriman lewat service yang mempunyai tracking number, sehingga paketnya bisa selalu dapat dicek keberadaannya.

Asuransi juga sangat disarankan untuk pengiriman barang-barang yang bernilai tinggi, sehingga kalau terjadi apa-apa bisa mendapat ganti rugi.
Jelaskan policy anda tentang barang return, apakah kita mau menerima barang yang rusak dan menggantinya dengan barang yang baru atau mengembalikan uangnya. Seberapa lama setelah mereka menerima barang itu untuk bisa mendapatkan gantinya. Dan bagaimana jika barangnya hilang ditengah jalan dan pembeli tidak membayar asuransi, apakah kita mau bertanggung jawab atau itu resiko pembeli yang tidak membayar asuransi. Hal ini perlu dijelaskan di POLICY, agar tidak terjadi konflik dengan pembeli.

Sebenarnya banyak sekali topik yang bisa dibahas mengenai online bisnis ini. Tapi kebanyakan omong nanti malah tidak asyik lagi.

SARANKU

Jangan ragu-ragu untuk mencoba berbisnis online. Kalau tidak mau bayar fee, manfaatkan saja service gratis seperti blog. Banyak sekali blog yang bisa kita manfaatkan dan ada beberapa yang bisa cross posting seperti
http://www.multiply.com/, http://www.blogger.com/ dan http://www.wordpress.com. Kita cukup satu kali menulis di salah satu blog itu lalu tinggal mengimport ke kedua blog yang lainnya maka tulisan kita (tentang produk jualan kita tentunya) bisa terpampang di tiga blog tersebut (benar-benar menghemat tenaga dan waktu).

Kalau anda tidak punya uang untuk membeli produk baru untuk dijual, coba jual barang-barang bekas anda yang sudah tidak terpakai lagi (tapi masih layak dipergunakan). Karena ada yang bilang somebody's junks can be someone else's treasure. Contohnya di Amerika serikat ini, banyak orang menjual barang-barang used mereka di garage sale, fleamarket, antique store atau thrift store dan penghasilan mereka dari bisnis ini tidak sedikit.

Atau kalau anda senang menciptakan sesuatu, barang-barang handmade, saat ini sedang popular. Ada website tersendiri yang menyatakan saat ini banyak orang tidak mau pergi ke toko untuk membeli barang, mereka lebih memilih untuk membeli barang handmade di internet. Coba lihat di
http://www.etsy.com (saya juga mau buka toko disitu karena saya senang utak atik kain dan beads)

Beri nama bisnis anda dengan nama yang menarik. Untuk menarik pembeli rajin-rajinlah berpromosi misalnya dengan rajin mengunjungi blog orang lain dan kasih komentar diblog orang agar orang lain juga mau berkunjung ke blog (toko) anda.
Percaya deh setelah anda mencobanya sekali pasti anda ketagihan! dan jadi hobby ...(dan tidak ingin kerja kantoran lagi he he heee...)

Satu hal penting lainnya adalah untuk selalu waspada terhadap spam dan hackers yang berkeliaran di dunia maya ini. Tips yang paling saya pegang adalah jangan pernah mengklik link di dalam email dari pengirim yang tidak kita kenal. Atau jangan pernah sama sekali untuk mengklik link dari email, apalagi kalau link itu meminta kita untuk memasukkan data-data pribadi kita. Kalau kita ingin masuk ke sebuah website dan memasukkan password, lebih baik buka langsung website tersebut dari browser baru kita sign ini dengan password kita.

Oke deh, cukup sekian dulu ya tulisan saya ini. Sebenarnya saya masih merasa tulisan saya ini belum lengkap karena saya sama sekali tidak pandai menulis, Jadi kalau teman-teman ada yang ingin bertanya silahkan bertanya lewat email atau posting personal message di WOL ke saya. Sebisa-bisanya kalau bisa saya kasih atau carikan jawabannya.

 

**Tentang Penulis;  Christina P. Reidel  adalah anggota WanitaOnline Society, yang tinggal di New Jersey, USA;  Kami pengurus WOL sangat berterima kasih pada Christina yang bersedia untuk berbagi artikel nya kepada sahabat sahabat di WOL ini.